Foto-foto dan Gambar didalam Ka'bah

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Ka'bah adalah bangunan suci kaum muslimin berbentuk mirip kubus yang terletak di Kota Makkah Al Mukaromah,lebih tepatnya berada di Masjidil Haram pada bagian tengahnya. Ka'bah dijadikan sebagai patokan arah/kiblat bagi kaum muslim di seluruh dunia dalam melaksanakan Ibadah Shalat. Ka'bah menjadi tempat yang selalu dikunjungi saat kita menjalani ibadah Haji dan Umroh. Setiap hari setiap jam setiap menit setiap detik Ka'bah dan Masjidil Haram tak pernah sepi dari Jama'ah yang silih berganti datang dengan niat beribadah,baik Thawaf maupun Shalat karena Shalat di Masjidil Haram pahala shalatnya akan dilipatgandakan 100.000 derajat dibanding Masjid lain di dunia kecuali Masjid Nabawi dilipatgandakan menjadi 1.000 derajat 

Ka'bah merupakan rumah yang mula-mula dibangun di di dunia untuk menyembah Allah. Dalam Firman Allah SWT. QS Ali Imron Ayat 96-97. Ka'bah sudah ada pada zaman Nabi Adam as namun mengalami kerusakan. Kemudian bangunan Ka'bah dibangun kembali dan ditinggikan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

DIMENSI KA'BAH
foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Ka'bah berbentuk kubus dengan ukuran 12x10 setinggi 15 meter. Bahan bangunan Ka'bah berasal dari batu biru yang keras. Ka'bah mempunyai pintu yang berada kira-kira 2 meter di atas lantai Masjidil Haram. Pada masa dahulu pintu Ka'bah dibuka setiap hari Senin dan Kamis. Namun sekarang pintu Ka'bah dibuka hanya pada moment-moment tertentu dan itupun kurang dari 15 tahun sekali. Sebuah tangga seperti tangga mimbar digunakan untuk masuk kedalam Ka'bah karena pintu Ka'bah yang terletak 2 meter diatas lantai Masjidil Haram. Tangga itu adalah hadiah dari seorang pengusaha India untuk Ka'bah yang mulia,terbuat dari kayu yang kemudian dilapis perak.
Terdapat 4 Rukun (sudut) di Ka'bah,yaitu Rukun Irak (Utara), Rukun Syam (Barat), Rukun Yamani (selatan) dan Rukun Hajar Aswad (timur). Di Rukun Hajar Aswad ini terdapat Batu Hajar Aswad. Pada bagian atas Ka'bah di antara Rukun Irak dan Rukun Syam terdapat sebuah pancuran di tengah-tengahnya yang tujuannya agar saat hujan air tidak menggenang di atap Ka'bah sehingga menghindari kerusakan Ka'bah. Pancuran ini dinamakan Mizab Rahmah yang terbuat dari emas seluruhnya.
Terdapat juga bangunan melengkung yang berbentuk setengah lingkaran di depan Mizab Rahmah. Bangunan itu bernama Al Hatim. Tingginya 1 meter dan tebalnya 1,5 meter. Ruangan antara Al Hatim dan dinding Ka'bah dinamakan Hijr Ismail,jaraknya kira-kira 8,44 meter. Dahulu pada zaman Nabi Ibrahim ruang antara Al Hatkm dengan Dinding Ka'bah sepanjang 3 meter adalah termasuk bagian dari Ka'bah.
Berikut ini foto-foto bagian dalam Ka'bah yang diambil dari akun facebook Syaikh Muhammad Bin Umar Bazmul.

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Terlihat sebuah pintu yang ada didalam Ka'bah. Pintu ini merupakan pintu untuk menuju ke atap Ka'bah. Pintu ini dinamakan pintu Taubat.

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Salah satu Sudut/Rukun Ka'bah dilihat dari dalam Ka'bah

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Saat memasuki bangunan Ka'bah,Rasulullah SAW Shalat di tempat ini. Sudah menjadi kebiasaan bahwa para raja serta Gubernur Makkah Al-Mukaromah atau tamu kerajaan selalu mengerjakan Shalat dahulu di tempat ini sebelum prosesi pencucian dinding Ka'bah dimulai.

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Bagian kecil yang memuat Kalimat Syahadat,posisinya menghadap ke tempat Shalat Nabi Muhammad SAW.

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

Foto 3 tiang didalam bangunan Ka'bah. Tiangnya terbuat dari kayu yang di sepuh/dilapis Emas. Tampak pada bagian atas ka'bah digantung lampu-lampu minyak kecil,tempat untuk membakar kayu gaharu untuk pengharum ruangan Ka'bah dan wadah-wadah kecil. Barang-barang ini merupakan hadiah dari untuk Ka'bah dari para Khalifah,Sultan,para Emir dan Raja Islam sepanjang masa.

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah

3 tiang Ka'bah,dalam gambar ini terlihat pula Pintu Utama untuk masuk kedalam Ka'bah

foto ka'bah bagian dalam ka'bah makkah


Sebuah lemari didalam Ka'bah yang posisinya tepat berada di depan pintu utama Ka'bah. Dalam lemari ini disimpan Kapur beraroma Mawar yang akan dibalurkan di dinding Ka'bah setelah Dicuci dengan air zam-zam dan air mawar. Diatas lemari ini biasa diletakkan alat pewangi dari asap kayu gaharu untuk pengharum ruangan di dalam Ka'bah.


EmoticonEmoticon