10 Muwashofat ciri-ciri Muslim Ideal

10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal
10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal

10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal. Seseorang dikatakan sebagai seorang Muslim yang ideal apabila bisa memenuhi cirri-ciri yang ada dalam 10 Muwashofat ini. Kalau salah satu syarat dalam 10 Muwashofat ini tidak terpenuhi maka Ia belum bisa dikatakan sebagai Muslim yang ideal. Karena seorang Muslim ideal harus berkepribadian yang berlandaskan Al-qur’an dan As-Sunah yang bila disederhanakan kira-kira ada 10 Ciri-ciri yang harus ada pada seoarang muslim ideal yang disebut dengan 10 Muwashofat. Berikut ini adalah 10 Muwashofat Muslim Ideal.

1.Salimul Aqidah (Aqidah Yang Bersih)

10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal

Ciri yang pertama adalah Aqidah yang bersih, aqidah yang bersih harus selalu ada pada diri seorang muslim. Seseorang Muslim akan memiliki ikatan yangt kuat dengan Allah SWT dan tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-Nya apabila memiliki Aqidah yang bersih. Dengan Aqidah yang bersih yang penuh kemantapan pula seorang Muslim akan menyerahkan segala perbuatannya pada Allah.
قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (QS 6:162)
2.Shahihul Ibadah (Ibadah Yang Benar)
10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal

Maksud dari Ibadah yang benar adalah dalam melakukan Ibadah harus selalu merujuk pada Sunnah Rasul dan tidak boleh ada unsure penambahan atau pengurangan dalam hal ibadah.seperti Sabda Rasul “Shalatlah kalian sebagaimana kamu melihat aku shalat”
3.Matinul Khuluq (Akhlak yang Kokoh/Mulia)
10 muwashofat

Rasululullah SAW diutus kedunia untuk memperbaiki Akhlak dan selama beliau hidup beliau sendiri sudah mencontohkan kepada Kita akhlaknya yang agung. Allah SWT mengabadikan akhlak Rasul dalam QS 68;4

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍۢ

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (QS 68:4)

Dengan Akhlak yang kokoh/Mulia baik dalam hubungan seseorang dengan Allah (Hablumminallah) maupun dengan sesame manusia (Hablumminannas).,seorang Muslim akan bahagia dalam hidupnya,baik didunia maupun di akhirat.
4.Qawiyyul Jism (Fisik yang Kuat/Kekuatan Jasmani)
10 Muwashofat adalah 10 ciri-ciri muslim yang ideal
Thifan Po Khan Kungfu Islami

Rasulullah SAW bersabda “Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada Mu’min yang lemah” (HR. Muslim
Jadi sebagai seorang Muslim kita harus mempunyai kekuatan jasmani serta daya tahan Tubuh agar kita dapat dengan lancar menjalankan Ibadah secara optimal. Rasulullah SAW pun menganjurkan kita untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga,yaitu berkuda,memanah dan berenang.
5.Mutsaqqoful Fikri (Intelek Dalam berfikir)
QS Al- Baqarah : 219 10 muwashofat

Dalam Islam segala perbuatan yang akan kita perbuat harus kita pikirkan dahulu. Karena itu seorang Muslim harus memiliki wawasan keislaman serta keilmuan yang luas. Dalam Al Qur’an pun ada banyak ayat yang merangsang manusia untuk terus berpikir seperti dalam QS Al- Baqarah : 219
Wawasan yang luas dapat kita dapatkan dengan belajar dan banyak membaca. Orang yang berilmu lebih mudah menerima pelajaran hidup dan Hikmah seperti Firman Allah QS. 39 : 9

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

6.Mujahadatul Linafsihi (Berjuang Melawan Hawa Nafsu)
10 muwashofat

Setiap manusia mempunyai kecenderungan berbuat baik dan kecenderungan berbuat buruk. Seorang Muslim harus mampu melestarikan kecenderungan berbuat baik serta meredam kecenderungan berbuat buruknya. Hawa nafsu yang ada pada setiap diri manusia harus ditundukan pada ajaran Islam. Rasulullah SAW bersabda “Tidak beriman seseorang diantara kamu sehingga Ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran islam)
8.Harishun Ala Waqtihi (Pandai Menjaga Waktu)
10 muwashofat

waktu adalah faktor penting dalam kehidupan manusia. barangsiapa dapat memperguakan waktunya sebaik mungkin maka ia akan bereuntung,baragsiapa tidak bisa menjaga waktunya maka ia adalah orang yang merugi, seperti Firman Allah dalam QS Al-Ashr


Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

8.Munazhzhamun fi Syuunihi (Teratur dalam suatu urusan)
10 muwashofat

Maksudnya seorang muslim harus dapat teratur/disiplin dalam mengerjakan segala kegiatannya,baik dalam hal Ibadah maupun dunia harus dilakukan secara baik serta profesional sehingga mendapat hasil yang maksimal baik dunia maupun akhirat
9.Qadirun Alal Kasbi(Mandiri)
seorang muslim sejati dituntut untuk mandiri dalam segala hal. dalam hal ekonomi seorang muslim sejati harus dapat mandiri untuk mencari nafkah dan berusaha menguatkan ekonominya. karena amat banyak orang yang menukarkan agamanya dengan uang karena kesusahan. kita harus berusaha keras pantang menyerah mencari rezeki yang telah Allah sebarkan di muka bumi ini. dalam hal menjemput rezeki ini seorang muslim harus mempunyai skill di segala bidang untuk menggapai nya
10.Nafi'un Lighoirihi (Bermanafaat Untuk Orang Lain)
10 muwashofat

yang terakhir adalah dapat bermanfaat untuk orang lain. sebagai seorang muslim kita harus bermanfaat untuk orang lain di sekitar kita,jangan sampai kita tidak memberikan dampak apapun pada masyarakat sekitar kita tinggal atau bahkan malah memberikan dampak buruk pada lingkungan tempat tinggal kita.

1 komentar:


EmoticonEmoticon