Kedudukan Guru dalam Islam


Kedudukan Guru dalam Islam
Guru sebagai Pelita Ilmu
Pekerjaan atau profesi yang paling mulia serta di hormati di dalam kehidupan ini ialah menjadi seorang guru. Seorang Guru memiliki kedudukan amat tinggi di mata para siswa nya. Islam sangat menghargai Ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan akan sampai ke Manusia adalah karena adanya guru yang mengajarkan. bagaimana kah kedudukan seorang guru di dalam Islam ?


(11). يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖوَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚوَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS. Al Mujadalah : 11)

Seorang Guru tentu adalah seorang yang mempunyai ilmu. Dan tentu saja orang yang berilmu memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Islam. Coba bayangkan, kalau memiliki ilmunya saja sudah di tinggikan beberapa derajat, apalagi kalau sudah memiliki ilmu tapi sekaligus juga mengamalkannya. itulah yang dilakukan oleh seorang guru, dan tentu saja hal ini akan lebih meninggikan posisinya dalam Islam.

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mepelajari al-Quran dan mengamalkanya,” (HR. Bukhari).
 
Al-Quran dalam hal ini berkedudukan sebagai ilmu. Memang sangat benar bahwa Al-Quran adalah ilmu pengetahuan bagi kita manusia. Semua unsur kehidupan ini terkandung di dalam nya . Berbagai macam pengetahuan pun ada. Dan guru, mempelajarinya lebih dalam melalui pendidikan. dan pada saat nya nanti kita sebagai siswa juga harus mempelajari nya pula.

1 komentar:

Titanium Ore Terraria | Titanium Armines & Tabs | Titanium
Titanium Armines & Tabs, titanium pots and pans 3 pk. Price for. Titanium Armines, aftershokz titanium 3 pk. Price for. Titanium Armines, 3 pk. Price for. Titanium Armines, 3 pk. ford escape titanium for sale Price babyliss pro nano titanium straightener for. Titanium titanium for sale Armines, 3 pk.


EmoticonEmoticon