Pedang-pedang peninggalan Rasulullah SAW


Pedang nabi muhammad

Tak dapat diragukan lagi bahwa Rsulullah SAW adalah seorang Panglima perang yang amat handal memimpin pasukan Muslim dalam menghadapi para musuh Allah. Banyak pertempuran yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW dan dipimpin sendiri oleh Beliau. diantara bukti hebatnya kiprah beliau sebagai panglima perang kaum muslimin adalah peninggalannya yang amat berharga bagi umat muslim yaitu pedang-pedang Beliau..

Berikut beberapa nama pedang Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wassallam yang menjadi bukti kuatnya Beliau dalam berjjihad melwan musuh Allah.


1. Pedang Al-Mathur

Pedang nabi muhammad

Pedang ini adalah peninggalan Ayahanda Beliau Abdullah. pedang ini dimiliki Rasulullah sebelum kenabian beliau. Pedang ini panjangnya 99 cm dan berbentuk Blade lurus. Pegangan pedang ini terbuat dari emas berbentuk 2 ular dan berlapiskan emeralds dan pirus. didekat pegangan itu terdapat kufic ukiran tulisan Arab berbunyi: Abdallah bin Abd al-Mutalib. Saat hijrah ke Yatsrib, Rasulullah membawa pedang ini bersamanya kemudian pedang diberikan kepada Ali bin Abi Thalib. Pedang ini tersimpan baik di museum Topkapi, Istanbul, Turki.

2.Pedang Al-Adb  
 
pedang nabi Muhmmad Al Adb zulfikar


Al-Adb dapat diartikan sebagai memotong atau tajam. Pedang ini diberikan kepada para sahabat Nabi Muhammad Shallallhu ‘Alaihi Wassallam sebelum perang Badar dimulai. Rasulullah pun memakainya saat perang Uhud. para sahabat menggunakan pedang yang sama sebagai bentuk loyalitas dan kesetiaan. Pedang ini berada di masjid Husain di Kairo,Mesir

3.Pedang Dhu Al Faqar/Dzulfikar
pedang nabi Muhmmad zulfikar

Pedang Dhu Al Faqar/Dzulfikar adalah pedang yang berasal dari hasil rampasan perang/Ghanimah pada waktu perang Badar. Rasulullah memberikan pedang ini kepada Ali bin Abi Thalib,Namun Ali mengembalikannya kembali ketika perang Uhud saat tangan serta bahunya merah bersimbah darah. Pedang dua mata ini adalah ebuah pedang legenda dan menjadi pusaka umat muslim yang selalu mengingatkan kita pada sosok Nabi Muhammad SAW

4.Pedang Al-Battar
Pedang Al-Battar al battar
ilustrasi Nabi Daud memenggal Kepala Goliath

Pedang Al-Battar al battar
ukiran nama para nabi

Pedang Al-Battar

Al battar dalah pedang hasil rampasn perang dari Yahudi Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut sebagai pedangnya para nabi. Dalam pedang ini terdapat kaligrafi Arab yang berbunyi: Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW. Di pedang ini juga terdapat gambar ilustrasi Nabi Daud AS saat memenggal kepala Goliath yaitu orang yang awlnya memiliki pedang ini. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul.

5.Pedang Hatf
pedang nabi Muhammad hatf

Pedang ini juga adalah hasil rampasan dari Yahudi Banu Qaynaqa. Pedang ini adalah buatan tangan Nabi Daud,mirip dengan Al Battar tetapi berukuran lebih besar. Pedang ini awalnya disimpan oleh suku Lewi yaitu suku yang bertugas menjadi Imam Bani Israil dan bertugas menyimpan senjata-senjata Bani Israil. sampai akhirnya menjadi milik Nabi Muhammad SAW

6.Pedang Qala/Qal’i atau Qul’ay

pedang Nabi Muhammaddd Pedang Qala

Pedang ini juga adalah salah satu dari tiga pedang yang diperoleh dari hasil rampasan dari Bani Qaynaqa. Ada juga versi cerita lin yang melaporkan bahwa kakek Nabi Muhammad SAW lah yang menemukan pedang ini ketika menemukan air Zamzam di Ka'bah,Makkah. di pedang ini terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi: “Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad Shallallhu ‘Alaihi Wassallam, Rasul Allah". Pedang ini berbeda dari yang lain karena pedang ini mempunyai desain berbentuk gelombang. Sekarang berada di Museum Topkapi, Istanbul



7.Pedang Al-Mikhdham

pedang nabi Muhammad al Mikhdam

Pedang ini adalah milik Rasulullah Namun kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib. dan diwriskan pula oleh Ali kepada anak-anaknya. ada juga versi cerita lain bahwa pedang ini adalah kepunyaan Ali bin Abi Thalib sebagai hasil rampasan saat menyerang Suriah yang beliau pimpin.pedang ini mempunyai ukiran tulisan Arab yang berbunyi: Zayn al-Din al-Abidin. Sekarang berada di Museum Topkapi, Istanbul.

8.Peang Al-Rasub
pedang nabi Muhammad Al Rasub

Pedang ini disimpan di rumah Nabi Muhammad Shallallhu ‘Alaihi Wassallam. didalam pedang ini terdapat bulatan emas yang ada tulisan Arab berbunyi "Jafar al-Sadiq"

Sekarang ia berada di Museum Topkapi, Istanbul.

9.Pedng Al-Qadib
pedang nabi Muhammad al Qadib

Pedang ini hanyalah pedang yang biasa i bawa saat perjalanan dan tidak pernah dipakai saat peperangan. didalamnya terdapat kaligrafi Arab Kalimat Syahdat "Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad Rasul Allah Muhammad bin Abdallah bin Abd al-Mutalib". Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul.












EmoticonEmoticon