Adab Ketika Bersin dalam Islam

Adab Ketika Bersin dalam Islam muslimina terbaru fakta islam

Bersin adalah respon dari tubuh saat ada beda asing yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung saat benda asing itu masuk akan melalui sensor yang ada di dalam hidung yang menyebab kan kita
mengalami sensasi ingin bersin. Jadi bersin sebenar nya  baik untuh tubuh karena mencegah masuk nya benda asing ke dalam tubuh yang mungkin saja berbahaya bagi tubuh. Bersin adalah bentuk kasih sayang dari Allah SWT yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap steril dari benda asing.
Oleh karena itu kita harus men syukuri atas nikmat Allah dalam bentuk bersin ini. Yaitu kita di tuntun oleh Nabi Muhammad SAW bahwa setiap kita bersin kita di sunnah kan untuk mengucapkan Hamdalah, yaitu mengucap “Alhamdulillah”. . . . umat muslim memang di tuntun untuk senantiasa berdzikir, bahkan pada saat kita bersin sekalipun kita tetap di tuntun untuk berdzikir.

Namun tidak ber henti sampai di situ saja, saat kita mendengar ada orang yang bersin lalu mengucap “Alhamdulillah”. Kita juga di sunnahkan untuk menjawab ucapan Hamdalah tadi, bagaimana cara menjawabnya ? Di dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Sunnah saat kita bersin. Berikut adalah caranya.
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
“Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “ALHAMDULILLAH” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘YARHAMUKALLAH’ maka hendaknya dia berkata, “YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Al-Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033)
Dalam hadis yang lain, boleh juga selain perkataan tadi mengucapkan:


يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ



“Semoga Allah mengampuni diri kami dan kamu.” (Hadis Riwayat at-Thabrani. Lihat di dalam Shahih al-Jami’ oleh Syaikh al-Albani)

“يَرْحَمُنَ اللهُ وَ يَغْفِرْ لَنَا وَلَكُمْ”
(Semoga Allah memberi rahmat ke atas diri kami dan kamu)”. (Hadis Riwayat Imam Malik di dalam Muwaththa’, 54/5)


Adab lainnya adalah menutup muka degan tangan atau Baju saat bersin,merendahkan muka serta memelankan suaranya.
Daripada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu (maksudnya),


“Apabila Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersin, beliau meletakkan tangannya atau kain bajunya ke mulutnya (untuk menutupnya) sambil memperlahankan suaranya (bunyi bersin).”(Hadis Riwayat Abu Daud, Kitab al-Adab, hadis no. 5011. Lihat juga di dalam Shahih Sunan Abi Daud oleh Syaikh al-Albani)
sungguh mulia ajaran islam, dimana sesama umat muslim saling mendoakan satu sama lain,bahkan saat bersin sekalipun. selain itu kita juga mendapat kan pahala saat medoakan orang yang bersin.
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wa Barokatu :)


EmoticonEmoticon