Keuntungan Mata Uang Dinar dan Dirham

Keuntunga Dinar dan Dirham ekonomi syariah islami
Mata Uang Dinar Emas

Uang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Selain berfungsi sebagai alat tukar,uang juga berfungsi sebagai alat penyimpan kekayaan. Seseorang dikatakan sebagai orang kaya saat mempunyai banyak uang.

keunggulan Mata uang dinar dan dirham syariah islami
Mata Uang seluruh dunia,Fiat Money
setiap negara memiliki mata uang sendiri-sendiri yang berbeda,diantaranya Dollar,Rupiah,Yen,Yuan,Ringgit,Rupee,Poundsterling,Dll. Namun Tahukah anda? Uang kertas yang selama ini biasa dipakai sehari-hari adalah Uang Hampa (Fiat Money). Maksud dari Uang Hampa adalah bahwa uag kertas itu nilai Nominalnya tidak sesuai dengan Nilai Intrinsiknya, Uag kertas sebenarnya hanya selembar kertas tak berharga. Uang ini menjadi alat tukar dikarenakan Negara sudah menentukan Kematauangannya yang nilainya juga sudah ditentukan.
Uang Fiat sangat rentan terkena Hyper inflasi seperti yang terjadi pada Negara Zimbabwe. Negara Ini terkena Hyperinflasi yang sangat parah.
keunggulan mata uang dinar dan dirham syariah islami
Untuk membeli roti di Zimbabwen butuh ribuan milyar dollar 
Lantas apakah mata uang sejati yang tepat dan dapat diandalkan serta tahan terhadap inflasi? Inilah dia mata uang sejati Dinar dan Dirham,mata uang dari masa lalu ini ternyata memiliki banyak keuntungan dan kelebihannya,berikut ini adalah kelebihan Mata Uang Dinar dan Dirham.

1. Kebal terhadap krisis moneter
kelebihan dan keuntungan memakai mata uang dinar dan dirham syariah islami
Dinar lebih perkasa daripada dollar

Ketika nilai mata uang Rupiah (Rp) merosot drastis terhadap Dollar, nilai emas tetap tinggi terhadap Dollar,hal ini dikarenakan karena bahan dasar dinar adalah emas murni (24 karat) yang bernilai tinggi dan berharga.
2. Stabil dan kebal terhadap inflasi 
keuntungan mata uang dinar dan dirham syariah islami
mata uang yang stabil
nilai dari Dinar dan Dirham tidak akan mengalami peyusutan seiring dengan pertambahan waktu kenaikan harga Dinar dan Dirham selalu melebihi inflansi, karena kestabilan Dinar. harga 1 ekor kambing dizaman Rasulullah SAW, adalah 1 Dinar, sekarang 14 abad kemudian pun harganya masih tetap 1 Dinar 
3. Memiliki nilai instrinsik 
keunggulan keuntungan memakai dinar dan dirham syariah islami
mata uang dinar berbahan dasar emas yang berharga

nilai instrinsik (bahan baku) dari uang emas sama dengan nilai ekstrinsik (harga) emas. biarpun emas dilebur dalam bentuk apapun dan model apapun nilainya akan tetap tinggi, dan selalu dihargai sebagai barang berharga oleh masyarakat.
4. Tabungan yang menguntungkan 
keuntungan mata uang dinar dan dirham syariah islami
Mata Uang Dinar tabungan yang menguntungkan

Tidak seperti uang kertas, meskipun disimpan di bank hasilnya masih kalah dengan laju inflansi, emas atau Dinar akan tetap bernilai walau disimpan di celengan, di toples, bahkan di bawah bantal sekalipun pun. 
5. Mata uang yang sesungguhnya 
keuntungan mata uang dinar dan dirham
mata uang yang sesungguhnya

Dinar bisa berfungsi sebagai medium of exchage, unit of account, dan store of value 
6. Bersifat liquid/cair/mudah ditukar
keuntungan mata uang dinar dan dirham
Mudah dijual
Dinar emas dapat dengan mudah dijual dalam satuan yang di inginkan,
7. Mempermudah umat muslim dalam mengeluarkan zakat dan muammalah lainnya 
keuntungan mata uang dinar dan dirham
zakat emas

Dengan adanya dinar,urusan ibadaah seperti zakat emas dan perak akan lebih mudah dilaksanakan karena pada dasarnya Penentuan Nasab zakat emas didasarkan pada hitungan Dinar. contoh lain seperti dalam membeli hewan Qurban,ONH (Ongkos Naik Haji) dll akan lebih mudah apabila memakai dinar

Jadi tunggu apalagi?Ayo Pakai Dinar!!!!


First


EmoticonEmoticon