Kisah Kedermawanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Kisah Kedermawanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Kisah Kedermawanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam-  sungguh terdapat suri tauladan yand sangat Mulia,Kemuliaan Suri Tauladan yang ada dalam Diri Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam Juga di jelaskan dalam Firaaman Allah Subhanahu Wa Ta’ala QS. Al Ahzab : 21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا
“Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)
Dan diantara sekian banyak nya Akhlak mulia yang ada di Dalam Diri Rasul SAW adalah Sifat Al Jud (kemurahan hati atau Ke dermawanan). NAbi Muhammad Shalallahu  Alaihi Wassalam tidak akan segan- segan memberikan apa yang dimiliki nya kepada orang yang memintanya walaupun beliau sendiri sebetul nya lebih membutuhkan dari yang meminta tadi. Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam Juga sangat ringan tangan dan suka menolong orang-orang yang membutuhkan.
Kisah Kedermawanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Dalam sebuah kisah diceritakan setelah Umat Muslimmeraih kemenangan dari Perang Hunain, saat itu Ghanimah (Harta Rampasan Perang) yang Diperoleh kaum Muslimin merupakan Jumlah Ghanimah terbesar bagi kaum Muslimin. Ghanimah tadi terdiri ataas kira- kira 6.000 Orang Tawanan, 24.000 Ekor Unta, 40.000 Ekor Kambing lebih dan di tambah dengan 4.000 Untai Emas.
Ketika itu bagian dari rampasan Perang yang di peruntukan untuk Rasulullah SAW adalah Unta dan Kambing yang sangat banyak bahkan saking banyaknya Unta dan Kambing itu sampai memenuhi celah diantara 2 Gunung. Kambing itu ter sebar di padang yang luas. Namun ketika datang seorang Arab Badui dan meminta Unta dan Kambing Tadi untuknya,tanpa pikir panjang lagi Beliau SAW memberikannya kepada lelaki tadi,Subhanallah!!!!
Kisahnya seorang Arab Badui (Pedalaman) tersebut melihat Harta Rampasan Perang Rasulullah berupa Unta dan Kambing tadi, Ia berkata “Alangkah banyaknya harta rampasan ini!”. Mendengar perkataan itu Nabi Muhammad SAW bertanya “apakah harta rampasan ini membuatmu Terheran?” laki- laki Arab Badui tadi pun menjawab “Ya”. Rasulullah pun bersabda “semua Itu untukmu!”. Betapa terkejutnya lelaki Arab Badui itu tadi,lelaki itupun bertanya “apakah engkau memperolok- olok saya Ya Rasulullah?”. Beliau pun bersabda “Pergilah dengan kambing- kambing itu!”.
Dengan perasaan masih agak terkejut laki- laki tadi pun menghampiri Kambing- kambing tadi lalu membawanya pulang. Saat berjalan pulang pun lelaki itu masih menengok- nengok ke belakang karena takut Nabi akan menarik ucapannya. Rasulullah melihatnya sambil tersenyum.
Setelah tiba di perkampungan Kaumnya. Laki- laki itu pun berkata pada kaumnya “Wahai Orang- orang!, Masuk Islam lah kalian semua!, karena aku telah datang dari orang yang paling baik. Sungguh Muhammad telah memberi kan pemberian seperti pemberian orang yang tidak takut Miskin selamanya!.


EmoticonEmoticon